Pendampingan Program Penurunan AKI AKB RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya

 Home / Berita /Pendampingan Program Penurunan AKI AKB RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya
Pendampingan Program Penurunan AKI AKB RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya

Pendampingan Program Penurunan AKI AKB RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya

Salah satu strategi intervensi yang diterapkan dalam upaya penurunan Angka Kesehatan Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) antara lain melalui pendampingan RS Kabupaten/Kota oleh RS Pendamping. RSUP Persahabatan sebagai Rumah Sakit Pendamping 7 RSUD di wilayah Jawa Barat, pada tahun 2021 akan melaksanakan Pendampingan secara online secara bertahap termasuk bagi RSUD dr.Soekardjo Tasikmalaya. Rapat Persiapan Pra Pendampingan RSUD dr.Soekardjo Tasikmalaya yang diadakan pada hari Senin, 20 September 2021 melalui aplikasi Zoom merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan pendampingan RSUD Lokus percepatan penurunan AKI dan AKB yang telah dilaksanakan sejak tahun 2020.

 

            dr. Yudhaputra Tristanto, M.Kes Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum dalam sambutannya mengatakan RSUP Persahabatan telah ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan untuk menjadi Rumah Sakit pendamping dalam program percepatan Angka Kematian Ibu dan Bayi pada 7 Rumah Sakit di Jawa Barat sesuai arahan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. RSUP Persahabatan telah membentuk tim kerja yang diketuai Dr.dr.Yuyun Lisnawati, Sp.OG (K). Program ini telah dilaksanakan pertama di RSUD Linggar Jati pada bulan Desember tahun 2020, yang kedua RSUD Majalengka yang dilaksanakan bulan Juni tahun 2021 dan yang ketiga saat ini di RSUD dr. Soekardjo Tasikmalaya. Pertemuan ini sebagai pendampingan pertama sebagai laporan kajian masalah serta tindak lanjut dr. Soekardjo Tasikmalaya. RSUP Persahabatan siap mendukung program nasional ini sehingga dapat membantu penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi.

 

            Rapat dilanjutkan dengan membahas hasil analisis data maternal Simatneo RSUD dr Soekardjo. Kegiatan ini dihadiri oleh 22 partisipan rapat dari tim RSUP Persahabatan, tim RSUD dr Soekardjo Tasikmalaya, Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan. hukormas