Peran Ibu Dalam Pemenuhan MP-ASI Berkualitas Cegah Stunting

 Home / Berita /Peran Ibu Dalam Pemenuhan MP-ASI Berkualitas Cegah Stunting
Peran Ibu Dalam Pemenuhan MP-ASI Berkualitas Cegah Stunting

Peran Ibu Dalam Pemenuhan MP-ASI Berkualitas Cegah Stunting

Dalam Rangka Memperingati Hari Gizi Nasional ke-64 Tahun 2024, Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan menyelenggarakan Webinar dengan tema “Peran Ibu Dalam Pemenuhan Makanan Pendamping - Air Susu Ibu (MP-ASI) Berkualitas Cegah Stunting”. Secara daring melalui zoom, Rabu (31/1/2024).
 
Webinar dibuka oleh sambutan Direktur Utama RSUP Persahabatan Prof.Dr.dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K),FISR, FAPSR yang menyampaikan,”Stunting merupakan salah satu masalah kesehatan yang masih fokus di Indonesia, karena angka stunting yang masih tinggi. Salah satu penyebab stunting adalah bagaimana asupan gizi pada anak-anak balita yang masih menyusui, khususnya yang perlu mendapatkan perhatian.
 
RSUP Persahabatan sebagai Pusat Respirasi Nasional juga adalah Rumah Sakit Umum mengembangkan layanan lain di luar Respirasi  yaitu layanan-layanan terkait kesehatan ibu dan anak. Sebentar lagi kami akan meresmikan Gedung Respirasi Ibu dan Anak pada bulan Juni 2024 ini, tentunya ini akan mendukung bagaimana kesehatan ibu dan anak juga mendapatkan perhatian di RSUP Persahabatan”.
 
Acara ini dipandu oleh Ifa Nurul Utami, S.Sos sebagai MC dengan Moderator, dr Elfina Rachmi, Sp.GK, M.Gizi dan Daniel Sasmitro Wibowo, A.Md.Gz. Berikut narasumber pada webinar ini:
 
1. dr. Annisya Dwi Rianthi, Sp.A, dengan materi Stunting dan MP ASI
2. dr. Ni Luh Eka Purwani, Sp.GK, dengan materi MP ASI Berkualitas untuk Mencegah Stunting
3. Eka Mustika Sari, dengan materi Peran Ibu Dalam Pemenuhan MP ASI untuk Pencegahan Stunting 
4. Deranita Permatasari, S.Gz, MP, dengan materi  ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting
 
Hari Gizi Nasional (HGN) diperingati setiap tanggal 25 Januari setiap tahunnya. Peringatan Hari Gizi Nasional tahun ini mengangkat tema “MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting” dan slogan ‘MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas’.
 
Tujuan dari peringatan Hari Gizi Nasional ke-64 adalah menggaungkan pemberian MPASI kaya protein hewani melalui serangkaian kegiatan di tingkat pusat hingga ke tingkat masyarakat serta melibatkan berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta.(Hukermas)