Peringatan Hari Raya Idul Adha 1442 H RSUP Persahabatan Di Tengah Pandemi Covid- 19

 Home / Berita /Peringatan Hari Raya Idul Adha 1442 H RSUP Persahabatan Di Tengah Pandemi Covid- 19
Peringatan Hari Raya Idul Adha 1442 H RSUP Persahabatan Di Tengah Pandemi Covid- 19

Peringatan Hari Raya Idul Adha 1442 H RSUP Persahabatan Di Tengah Pandemi Covid- 19

Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan menyelenggarakan Sholat Idul Adha 1442 H, Selasa (20/07/2021). Sholat dihadiri oleh Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum sekaligus Plt. Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang dr Yudhaputra Tristanto, M.Kes, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Jami Persahabatan dr . H. Maulana Suryamin, Sp PD-KGEH serta Ketua Panitia Hari Besar Islam dr. Budi Haryanto, Sp.MK. Sholat Idul Adha ini dilaksakanan di Masjid Jami Persahabatan hanya untuk pegawai yang dinas malam/sebelum pulang dan dinas pagi, sesuai dengan protokol kesehatan dengan penceramah Ustaz drs. Ahmad Firdaus.

 

Dalam khutbahnya, Ustaz drs. Ahmad menyampaikan,” Sesungguhnya manusia yang paling mulia di mata Allah bukan manusia yang memiliki banyak harta serta pangkat jabatan akan tetapi karena ketakwaannya kepada Allah SWT. Apa makna momentum Hari Raya Idul Adha ini, bulan ini adalah bulan dimana kita diuji bagaimana ketakwaan kita kepada Allah SWT, diantaranya kita berkurban di jalan Allah SWT. Sebab Hari Raya Idul Adha adalah perayaan dimana kita harus mengorbankan sebagian dari rejeki kita. Kita akan selalu mengingat kisah yang telah dialami oleh Nabi Ibrahim dan Isma’il ketika diuji oleh Allah SWT dengan ujian yang sangat berat dimana Nabi Ibrahim diuji ketakwaannya oleh Allah SWT dengan mengorbankan anaknya.

 

Disini digambarkan dengan jelas sebesar apa ketakwaan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT dan ketakwaan Nabi Isma’il sebagai anak yang tanpa perlawanan mau dikorbankan. Berkat ketakwaan, sikap sabar, tawakal, dan keteguhan hati dalam menjalankan perintah Allah, Nabi Ibrahim dan Isma’il pada akhirnya mendapatkan jalan keluar dan pertolongan dari Allah SWT.

 

Bagi umat muslim yang memiliki harta berlebih, korbankanlah sedikit dijalan Allah SWT karena Allah SWT akan selalu bersama orang – orang yang sabar. Allah SWT berfirman barang siapa yang berkurban pada bulan Idul Adha, maka pada saat dibangkitkan di padang mashyar mereka akan menemukan satu binatang yang ia kurbankan untuk mengantarnya mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW. Semoga kebahagiaan serta rahmat dari Allah SWT selalu membanjiri sehingga kita akan terus bersyukur dan terus bertakwa pada-Nya. Amin ya Rabbal ‘alamin”.

 

Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan setelah selesai solat Idul Adha yakni pada pukul 08.30 – 11.30 WIB. Penyerahan hewan qurban oleh Ketua Panitia Hari Besar Islam dr. Budi Haryanto, Sp. MK kepada Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum sekaligus Plt. Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang dr Yudhaputra Tristanto, M.Kes.

 

Jumlah hewan qurban yang diterima sebanyak  8 ekor sapi dan 11 ekor kambing. Pembagian daging qurban diberikan kepada pegawai outsourcing, cleaning service, satpam, pengelola parkir dan pramusaji serta pns golongan 1 dan 2 sesuai kriteria. Hukormas