Program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSUP PersahabatanTahun 2020

 Home / Berita /Program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSUP PersahabatanTahun 2020
Program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi  RSUP PersahabatanTahun 2020

Program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSUP PersahabatanTahun 2020

Jakarta. Dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit (PPIRS), Komite PPI bekerjasama dengan Instalasi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) menyelenggarakan rapat kerja pembuatan program PPI tahun 2020 dari tanggal 21 s/d 23 Januari 2020. Acara ini berlangsung di Gedung Seruni lantai tiga, hari selanjutnya di Auditorium dr. Soepandi Moekajin, Sp.P lantai dua Gedung Griya Puspa RSUP Persahabatan.

Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit (PPIRS) merupakan suatu desain pencegahan penularan infeksi terhadap pasien, pengunjung, dan pekerja di rumah sakit melalui pendekatan secara ilmiah dan solusi praktis. Pendekatan ini melibatkan ilmu pengetahuan tentang patofisiologi infeksi suatu penyakit, epidemologi, ilmu sosial, dan sistem penguatan komunitas. Pencegahan dan Pengendalian Infeksi berhubungan erat dengan bidang Kesehatan Keselamatan Kerja (K3), Pengendalian Resistensi Antimikroba (PRA), dan program kesehatan nasional suatu negara.

Setiap tahun Komite PPIRS Persahabatan membuat program kerja dengan melibatkan seluruh unit kerja terkait. Keragaman dan keluasan kejadian infeksi dan unit kerja terlibat yang harus dievaluasi secara rutin, memerlukan pendekatan prioritas program kerja PPI untuk tahun berikutnya. Prioritas ini dibuat secara sistematis, objektif, berdasarkan data epidemiologi, konsekuensi, dan kesiapan perangkat pencegahan infeksi rumah sakit.

Acara ini diawali oleh laporan dari dr. Cahyarini, Sp.MK(K) selaku Ketua Komite PPI kemudian dilanjutkan sambutan oleh Direktur Medik dan Keperawatan Dr.dr.H.M Alsen Arlan,Sp.B-KBD, FinaCs,MARS mengatakan “Pencegahan dan Pengendalian Infeksi merupakan penjaga mutu dan keselamatan pasien dalam rangka mengurangi dan mencegah bahkan menghindari untuk terjadinya operasi disetiap unit, karena kita berhubungan dengan pasien“. Setelah memberikan sambutan, Dr.dr.H.M Alsen Arlan,Sp.B-KBD, FinaCs,MARS ikut serta mencoba handscrub produk A dan produk B yang akan menentukan hand hygiene RSUP Persahabatan kedepannya.(SR