RSUP PERSAHABATAN BERIKAN PELATIHAN RESPIRASI DASAR BAGI MAHASISWA POLTEKKES KENDARI

 Home / Berita /RSUP PERSAHABATAN BERIKAN PELATIHAN RESPIRASI DASAR BAGI MAHASISWA POLTEKKES KENDARI
RSUP PERSAHABATAN BERIKAN PELATIHAN RESPIRASI DASAR BAGI MAHASISWA POLTEKKES KENDARI

RSUP PERSAHABATAN BERIKAN PELATIHAN RESPIRASI DASAR BAGI MAHASISWA POLTEKKES KENDARI

 

Jakarta.  RSUP Persahabatan sebagai rumah sakit type A Pendidikan memiliki program khusus yang disusun untuk mahasiswa keperawatan yang melaksanakan Praktik Klinik Keperawatan (PKK). Salah satunya adalah Pelatihan Respirasi Dasar sebagai konsep dasar keperawatan gawat darurat dengan masalah respirasi.

 

Hal ini menjadi kebutuhan untuk pemenuhan kurikulum DIII Keperawatan yang berbasis kompetensi. Mahasiswa Politeknik Kesehatan Kendari salah satunya yang menjalankan PKK KMB II dan Keperawatan Gawat Darurat pada hari Senin tanggal 07 Oktober 2019, bertempat di Gedung Pusat Simulasi Respirasi RSUP Persahabatan. 

 

Diawali dengan sambutan dari Wakil Direktur I Poltekkes Kemenkes Kendari Akhmad, SST, M.Kes dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Persahabatan DR. dr. H.M. Alsen Arlan, Sp.B.KBD, MARS.  Pelatihan Respirasi Dasar di isi dengan materi yang disajikan oleh narasumber berkompeten, antara lain :

  1. Tim PPI dengan materi PPI dasar pada area pelayanan respirasi.
  2. Sri Purwaningsih, SKp, M.Kes dengan materi Peran Perawat pada Pasien dengan Terapi Oksigen
  3. Puji Raharja Santosa, M.Kep, Sp.Kep.M.B dengan materi Deteksi Dini Kegawatdaruratan pada pasien dengan Gangguan Respirasi
  4. Dedeh Komalawati, S.Kep, Ns, M.Kep, Sp.Kep. M. B dengan materi Asuhan Keperawatan pada Pasien dengan WSD
  5.  

Sebanyak 36 mahasiswa keperawatan Politeknik Kesehatan Kendari akan mengikuti PKK KMB II dan Gadar Kritis selama 6 minggu.