Seminar Medis Kolaborasi Tim Rehabilitasi Pasien Covid-19

 Home / Berita /Seminar Medis Kolaborasi Tim Rehabilitasi Pasien Covid-19
Seminar Medis Kolaborasi Tim Rehabilitasi Pasien Covid-19

Seminar Medis Kolaborasi Tim Rehabilitasi Pasien Covid-19

Rumah sakit  merupakan fasilitas pelayanan kesehatan yang memiliki peran besar dan sentral dalam upaya penanggulangan COVID-19 khususnya dalam penanganan pasien sehingga fasilitas pelayanan kesehatan tersebut harus fokus dan berkonsentrasi dalam memberikan pelayanan kasus COVID-19.

 

Manajemen klinis pasien COVID-19 Rumah sakit dalam penanggulangan memerlukan kolaborasi team dari awal masuk pasien sampai pasien pulang. Peran rehabilitasi medik menjadi penting saat dirawat sebagai upaya mencegah efek samping yang lebih buruk dan juga upaya persiapan pasien pulang untuk menguatkan modalitas pasien COVID-19.

 

Dengan dasar tersebut Instalasi Diklat & Simulasi Respirasi dan Instalasi Rehab Medik mengadakan Seminar Medis Kolaborasi Tim Rehabilitasi Pasien Covid19 di RSUP Persahabatan yang diadakan  pada hari Jum'at-Sabtu, 11-12 Desember 2020. Seminar diadakan melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung via Youtube.

 

Team Rehabilitasi Medik RSUP Persahabatan berbagi ilmu dan pengalaman manajemen klinis secara kolaboratif, rehabilitasi medik di setting ICU dan non ICU. Menghadirkan narasumber dan moderator profesional di bidang Rehabiltasi Medik dan Pulmonologi seperti Dr. dr. Agus Dwi Susanto, SpP(K), FISR, dr Anita FS Paulus, SpKFR-K. Dr. Siti Chandra W, SpKFR-K, dr Selly Christina Anggoro, SpKFR dan team rehab medis lainnya. Selain materi terkait rehabilitasi medis juga  dilakukan simulasi teknik prone, teknik pembersihan saluran pernafasan pada pasien Covid19, Mobilisasi dini, dan sharing terapi wicara. (Ifa)