Seminar Sehari Tuberkulosis dan Covid-19

 Home / Berita /Seminar Sehari Tuberkulosis dan Covid-19
Seminar Sehari Tuberkulosis dan Covid-19

Seminar Sehari Tuberkulosis dan Covid-19

Setiap tanggal 24 Maret diperingati sebagai Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) secara global. HTBS dijadikan kesempatan untuk mendorong penetapan TBC sebagai isu prioritas pembangunan Kesehatan Nasional serta harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan lintas sektor dalam rangka mensinergikan upaya-upaya yang mendukung proses eliminasi TBC tahun 2030.

 

Tema HTBS 2021, yaitu “Setiap Detik Berharga, Selamatkan Bangsa dari Tuberkulosis” dengan sub tema:

 

  1. “Jadikan Penerus Bangsa Bebas TBC dan Stunting Dimulai dari Diri Sendiri dan Keluarga”
  2. “Bersama Eliminasi TBC dan Lawan COVID-19, Bangun Bangsa Sehat dan Berprestasi”

Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan mengadakan Seminar Sehari Tuberkulosis & Covid-19 gratis untuk dokter dan perawat secara Virtual, Kamis (25/3/2021). Dengan pembicara Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp. P (K), MARS, DTM&H, DTCE, FIRS dan DR. dr. Erlina Burhan. MSc, Sp.P (K), M.Pd, Ked dengan moderator DR.Dr. Fathiyah Isbaniah, Sp. P(K), M.Pd. Ked.

 

Acara Seminar Sehari Tuberkulosis & Covid-19  di hadiri Direktur Sumber Daya Manusia, Pendidikan & Penelitian dr. Rochman Arif, M. Kes dan dibuka oleh Plh Direktur Pelayanan Medik,Keperawatan & Penunjang dr. Yudhaputra Tristanto, M.Kes. Dalam sambutannya, dr Yudha mengatakan,”Saya berharap hari ini dapat menjadi refreshing kembali bagaimana TB dan Covid-19 bisa kita tangani. Bahwa salah satu dari upaya pelaksanaan program Indonesia bebas TB Tahun 2030”.

 

“Kita perlu mengingatkan bahwa sebagai insan kesehatan yang tergabung dari  Dinas Kesehatan se Provinsi Indonesia, baik Kabupaten Kota maupun Provinsi dalam penanganan TB baik Rumah Sakit Vertikal, Rumah Sakit Daerah maupun Balai-Balai Kesehatan,lanjut dr Yudha”.

 

Kita tahu bahwa beberapa saat ini penanganan TB sedikit mengalami kemunduran karena pandemi Covid-19, dalam hal ini kita harus bersiap kembali untuk mensukseskan program nasional kita. RSUP Persahabatan siap kembali mendukung dan mengejar ketertinggalan yang terjadi selama ini, kita tahu bahwa RSUP Persahabatan akan terus melanjutkan meningkatkan kualitas pelayanaan TB sensitif dan resisten obat sebagai pusat rujukan nasional RSUP Persahabatan siap sebagai pusat pelayanan, pendidikan dan penelitian di bidang TB.

 

Pelayanan di RSUP Persahabatan adalah pelayanaan TB terpadu yang komperhensif. RSUP Persahabatan sebagai Rumah Sakit dengan layanan unggulan excellent respirasi dan Rumah Sakit pendidikan berupaya memberikan edukasi dalam rangka menekan jumlah penyakit yang disebabkan oleh TB.

 

Sebagaimana kita ketahui sangat berharga di setiap detik kita untuk menyelamatkan bangsa kita dari TB. Toss TB , kita sukseskan untuk ke depannya. Ingat cegah, temukan, pisahkan obati sampai sembuh TB.

 

Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp. P (K), MARS, DTM&H, DTCE, FIRS. Dalam paparan seminarnya menyampaikan,”Kita akui bahwa covid-19 masalah besar dunia, masalah besar Indonesia juga, tapi TB tidak boleh ditinggalkan. Jadi Fight Covid-19 harus kita tingkatkan bahwa beberapa negara kasusnya mulai naik lagi. Kita punya target untuk menanggulangi, menghentikan serta memperkuat penaggulangan TB, karena penanganan selama ini sudah terganggu karena Covid­-19”.

 

Dr. dr. Erlina Burhan. MSc, Sp.P (K), M.Pd, Ked. Mengatakan dalam Seminar Sehari TB dan Covid-19,”Dengan kecepatan vaksinasi saat ini, herd immunity belum dapat dicapai sesuai target (Maret 2021). Walaupun kita telah mendapatkan vaksinasi kita harus terus mencegah penularan dengan mengikuti protokol kesehatan 5 M. Gaya hidup baru dengan menerapkan penggunaan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak akan menjadi norma masyarakat untuk waktu yang lama, bahkan bila kasus Covid-19 sudah minim dan melandai”.