SIMULASI KLASTER KESEHATAN DALAM RANGKA PENANGGULANGAN BENCANA SOSIAL

 Home / Berita /SIMULASI KLASTER KESEHATAN DALAM RANGKA PENANGGULANGAN BENCANA SOSIAL
SIMULASI KLASTER KESEHATAN DALAM RANGKA PENANGGULANGAN BENCANA SOSIAL

SIMULASI KLASTER KESEHATAN DALAM RANGKA PENANGGULANGAN BENCANA SOSIAL

 

Jakarta. Bencana dapat terjadi kapan saja, dimana saja dan kepada siapa saja. Salah satu dari bencana yang mungkin terjadi adalah bencana terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB). RSUP Persahabatan sebagai rumah sakit rujukan nasional sudah semestinya memiliki suatu sistem pemantauan, pencegahan dan penatalaksanaan yang mumpuni dalam menanggulangi adanya kemungkinan bencana yang berpotensi terjadi.  

 

Tim bencana RSUP Persahabatan dengan panduan tim Pusat Krisis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melaksanakan simulasi klaster kesehatan dalam rangka penanggulangan bencana sosial sub klaster pelayanan kesehatan rujukan di RSUP Persahabatan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 12 Januari 2019, bertempat di lapangan parkir timur RSUP Persahabatan.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Pusdiklat TNI AD, Jajaran Direksi, pejabat struktural dan fungsional RSUP Persahabatan serta jejaring rumah sakit yaitu RS Antam Medika, RS Dharma Nugraha dan RS Bedah Rawamangun yang menjadi relawan tenaga kesehatan, dan  diikuti sekitar 300 karyawan yang memainkan peran sebagai tenaga pelayanan kesehatan dan korban dengan kasus ringan, berat dan Death of Arrival.

 

Simulasi penanganan KLB sangat penting dilaksanakan sebagai upaya kesiapan staff RSUP Persahabatan dan antisipasi ketidakmampuan dari Unit Instalasi Gawat Darurat (IGD) dalam memberikan pelayanan kepada banyaknya korban yang timbul akibat bencana KLB.  Simulasi dilakukan dalam penatalaksanaan kejadian sesungguhnya, persiapan pengelolaan sumber daya manusia, ketersediaan sarana prasarana dan kebutuhan koordinasi saat kejadian bencana KLB.

 

Pelatihan simulasi dan penatalaksanaan medis pada bencana juga diberikan sebelumnya pada hari Jumat tanggal 04 Januari 2019 bertempat di auditorium dr. Soepandi Moekajin Sp.P gedung Griya Puspa lantai 2.  Saat Pelatihan dilakukan pengarahan dengan penyampaian materi, penyusunan dan diskusi skenario simulasi. (CH)