SUMPAH TENAGA ADMINISTRASI REKAM MEDIS RSUP PERSAHABATAN

 Home / Berita /SUMPAH TENAGA ADMINISTRASI REKAM MEDIS RSUP PERSAHABATAN
SUMPAH TENAGA ADMINISTRASI REKAM MEDIS RSUP PERSAHABATAN

SUMPAH TENAGA ADMINISTRASI REKAM MEDIS RSUP PERSAHABATAN

Jakarta. Sebanyak 97 tenaga administrasi rekam medis RSUP Persahabatan yang setiap hari-harinya berhubungan erat dengan data-data pasien yang berisikan tentang kerahasiaan pasien, diambil sumpahnya sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 14 September 2018, bertempat di Gedung Seruni lantai tiga.

 

Dengan disaksikan oleh rohaniawan agama Islam, Kristen dan Katholik serta jajaran direksi sumpah janji petugas untuk menjaga rahasia medis ini dipimpin oleh Direktur Utama RSUP Persahabatan dr. Mohammad Ali Toha, MARS.

 

Pengambilan sumpah atau janji menjaga kerahasiaan rekam medis di lingkungan RSUP Persahabatan ini dilaksanakan sesuai dengan undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit, undang-undang nomor 36 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan, permenkes nomor 269/Menkes/Per/III/2008 tentang rekam medis dan permenkes nomor 36 tahun 2012 tentang rahasia kedokteran. 

 

Dalam sambutannya, dr. Mohammad Ali Toha, MARS mengingatkan kepada seluruh petugas administrasi rekam medis bahwa sumpah ini mengandung tanggung jawab dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat dan pengguna jasa pelayanan RSUP Persahabatan, serta tanggung jawab dalam memberikan perlindungan kepada tenaga kesehatan atau tenaga lainnya dilngkungan RSUP Persahabatan, agar dapat memberikan pelayanan kesehatan secara professional dan maksimal kepada masyarakat.

 

Sumpah yang diambil pada hakekatnya merupakan pernyataan dari lubuk hati paling dalam untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu atas dasar kesadaran ini dilakukan secara serentak, dengan menandatangani sumpah tersebut secara simbolis disaksikan oleh segenap jajaran direksi dan selanjutnya diikuti oleh seluruh peserta. (CH)