Terapi Bronkoskopi Tanpa Bedah

 Home / Berita /Terapi Bronkoskopi Tanpa Bedah
Terapi Bronkoskopi Tanpa Bedah

Terapi Bronkoskopi Tanpa Bedah

Terapi Bronkoskopi Tanpa Bedah Pada Tumor Besar Yang Menutup Saluran Napas Utama Dan Mengempiskan Paru

 

Oleh: dr. Mia Elhidsi, Sp.P(K)

KSM Paru RSUP Persahabatan

 

Kasus seorang perempuan, 31 tahun rujukan dari luar pulau Jawa dengan asma yang memburuk dengan pengobatan inhalasi. Saat datang ke RSUP persahabatan didapatkan pasien tampak sesak dengan napas cepat dan terdengar suara stridor (mendengkur) dan suara napas yang menurun pada paru kiri.Pemeriksaan radiologis menunjukkan paru kiri yang mengempis.

 

Pada pasien ini dilakukan prosedur bronkoskopi atau teropong saluran napas menggunakan kombinasi skop kaku dan lentur. Temuan saat bronkoskopi didapatkan tumor di ujung saluran panas utama (trakea)yang menutup hamper total lumen dan tumor yang menutup total cabang utama kiri sakluran napas (bronkus). Kemudian dilakukan penghancuran tumor menggunakan terapi laser saluran napas dan skop kaku, tumor yang hancur kemudian diangkat. Pasca tindakan saluran napas utama terbuka, cabang utama kiri terbuka. Pemeriksaan radiologi ulang menunjukkan pasien bersih dari tumor di paru dan rongga dada. Paru yang kiri yang semula mengempis total, pasca tindakan mengembang sempurna.

 

Tindakan terapi bronkoskopi ini dilakukan oleh dokter paru RSUP Persahabatan Bersama dengan tim bronkoskopi dan tim anestesi. Tindakan seperti ini sebenarnya bukan tindakan pertama kali dilakukan di RSUP Persahabatan. Tindakan ini beberapa kali dilakukan RS rujukan respirasi Nasional, RSUP Persahabatan. Namun di Indonesia, sampai saat ini, baru di RSUP Persahabatan saja tindakan ini dapat dilakukan.