Tim AKI AKB RSUP Persahabatan Pendampingan ke RSUD Soekaredjo

 Home / Berita /Tim AKI AKB RSUP Persahabatan Pendampingan ke RSUD Soekaredjo
Tim AKI AKB RSUP Persahabatan Pendampingan ke RSUD Soekaredjo

Tim AKI AKB RSUP Persahabatan Pendampingan ke RSUD Soekaredjo

Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan mendapatkan amanah dari Kementerian Kesehatan Direktorat Kesehatan Keluarga,  menjadi Rumah Sakit pendamping pada Program Percepatan Penurunan Lokus Angka Kematian Ibu dan Bayi pada 7 RSUD TasikmalayaKabupaten/Kota di Jawa Barat yaitu :

 

  1.  RSUD Lingga Jati Kuningan telah dilaksanakan pendampingan 2 kali Onlien dan 1 kali Online pada bulan September 2020.
  2. RSUD Majalengka telah dilaksanakan pendampingan 2 kali online dan saat ini kunjungan langsung secara ofline selama 3 hari 5 - 7 Oktober 2021.
  3. RSUD Soekardjo Kota Tasik malaya telah dilakukan pendampingan secara ofline 2 kali, dan saat ini dilakukan pendampingan ofline selama 3 hari yaitu tanggal 10 - 12 November 2021. 
  4. RSUD Sumedang telah dilakukan pendampingan secara online 2x, dan dalam perencanaan pendampingan offline di akhir bulan November 2021.
  5. RSUD Ciamis dalam perencanaan pendampingan. 
  6. RSUD banjar dalam perencanaan pendampingan. 
  7. RSUD Pangandaran dalam perencanaan pendampingan.    

 

Metode  pendampingan adalah dengan menganalisa data dasar dari data inputan masing - masing Rumah Sakit yang didampingi pada Aplikasi SIMATNEO DIREKTORAT KESEHATAN KELUARGA KEMENTRIAN KESEHATAN. Dilakukan kajian dan analisa data oleh Rumah Sakit pendamping dan dilakukan perumusan masalah pada pelayanan kesehatan Ibu dan Bayi dan perumusan Rencana Tindak Lanjut yang disepakati bersama. 

 

Pada tanggal 10,11,12 November RSUP Persahabtaan melaksanakan kunjungan pendampingan pada RSUD Soekardjo Kota tasik Malaya, dari hasil pendampingan di dapatkan kesepakatan upaya untuk dukungan program percepatan penurunan Lokus Angka Kematian Ibu dan bayi sampai advokasi ke Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah kota Tasikmalaya, yang di  sambut oleh kepala bappelitbangda, kepala dinas kesehatan dan lintas sektor terkait pemerintahan kota Tasikmalaya.

 

Tim pendamping dari RSUP Persahabatan dalam pendampingan ke RSUD Soekaredjo : 

  1. dr.Purnawan Senoaji, Sp.OG(K) sebagai  Ketia Tim dan mentor Maternal 
  2. dr. Sri Pudyastuti, Sp.OG(K) sebagai mentor Maternal
  3. dr. Yanti Susianti, Sp.A(K) sebagai mentor Neonatal (mentor eksternal dari FK UIN)
  4. Dwi Marita, AMK sebagai mentor perawatan Perina
  5. Lianita Nur Marse restiani, A.Md.Keb sebagai mentor perawatan kebidanan
  6. Sutrisno, AMTE sebagai mentor Teknisi Elektro Medik.

 

Semoga dukungan program dalam penekanan Angka Kematian Ibu dan Bayi yang telah dilaksanakan oleh Tim Kerja Progran AKI AKB RSUP Persahabatan dapat menjadi salah satu sumbangsih dan dukungan penuh dalam menekan Angka kematian Ibu dan Bayi di Indonesia yang menjadi Program nasional." (Hukormas)