Workshop Aplikasi Klinik Cardiopulmonary Exercise (CPX)

 Home / Berita /Workshop Aplikasi Klinik Cardiopulmonary Exercise (CPX)
Workshop Aplikasi Klinik Cardiopulmonary Exercise (CPX)

Workshop Aplikasi Klinik Cardiopulmonary Exercise (CPX)

Bertempat di Gedung Asma Prof. Dr. Hadiarto Mangunnegoro, Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan mengadakan Workshop Aplikasi Klinik Cardiopulmonary Exercise (CPX). Kegiatan ini berlangsung 16-17 Maret 2023 dan hari ke-2 dilakukan aplikasi dan interpretasi Cardiopulmonary exercise test (CPET) untuk diagnosa serta uji latih. Acara dibuka oleh Direktur Utama RSUP Persahabatan Prof. DR.dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), FISR, FAPSR.

 

Workshop Aplikasi Klinik Cardiopulmonary Exercise diikuti oleh 10 peserta Dokter Spesialis, dengan tujuan setelah mengikuti Workshop peserta diharapkan dapat menilai kebugaran dan mengungkap masalah kardiopulmoner pada fase awal latihan pada perawatan  primer.

 

Narasumber pada acara Workshop Aplikasi Klinik Cardiopulmonary Exercise:

1.dr. Tri Nurhayatiningsih, MKM

-Etik dan Pasien Safety

2. dr. Erlang Samoedro, Sp.P(K)

- Pengantar CPX

- Peran CPX pada Penyakit Akibat Kerja

3. Prof. dr. Faisal Yunus,Ph.D, Sp.P (K)

-Peran CPX pada Penyakit Paru

4. dr. Acil Aryadi, Sp.JP

-Peran CPS pada Penyakit Jantung

5. dr. Siti Chandra Widjanantie, Sp.KFR(K)

-Peran CPX pada Rehab Medik

 

Cardiopulmonary Exercise dalah suatu metode uji kemampuan kapasitas latihan pasien dengan kelainan jantung dan paru. Uji ini menilai kemampuan sistem kardiovaskular, paru dan sistem otot pada tubuh manusia yang tidak adekuat apabila hanya dinilai pada masing-masing sistem organ tersebut. Metode pada CPX relatif non invasif. 

 

Tes latihan kardiopulmoner (CPX) adalah teknologi yang relatif lama, dimana CPX sangat berguna secara diagnostik dan prognostik. Perbedaan dalam penerapan ini diperparah oleh pola di mana CPX sering diberikan dan diinterpretasikan oleh spesialis kardiologi, paru, atau olahraga yang membatasi penilaian mereka pada prioritas disiplin mereka sendiri, sehingga kehilangan kesempatan untuk membedakan asal gejala. Ketika digunakan dengan benar, CPX memungkinkan dokter untuk menilai kebugaran dan mengungkap masalah kardiopulmoner pada fase awal latihan, yang karenanya akan sangat berguna bagi dokter perawatan primer. Dalam artikel ini, kami memberikan ikhtisar tentang prinsip CPX dan logistik pengujian, serta beberapa konteks klinis yang dapat meningkatkan perawatan pasien. (Hukormas)