DaGuSiBu

 Home / Artikel /DaGuSiBu
DaGuSiBu

DaGuSiBu

Instalasi Humas & Pemasaran bekerjasama dengan Instalasi Farmasi mengadakan kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dengan mengangkat topik “Da Gu Si Bu” acara ini dilaksanakan di Apotek Rawat Jalan dengan narasumber Tri Kusumaeni, S.Si, M.Pharm, Apt, pada hari Jumat, 11 Januari 2019, Pukul 10.00 s/d 11.00 WIB.

 

Kegiatan ini dihadiri pasien dan keluarga yang sedang menunggu pengambilan obat. Dalam kegiatan PKRS ini, diberikan informasi mengenai Da Gu Si Bu yaitu dapatkan obat dengan benar, gunakan obat dengan benar, simpan obat dengan benar dan buang obat dengan benar. Dapatkan obat dengan benar di apotek, konsultasi dengan apoteker di apotek untuk mendapatkan obat yang aman, bermanfaat dan berkualitas.

 

Tips mendapatkan obat dengan benar, perhatikan penggolongan obat, perhatikan peringatan yang ada di brosur dan kemasan serta perhatikan tanggal kadaluarsa obat. Penggolongan obat yang yang harus diperhatikan seperti, Obat keras harus dengan resep dokter dan membeli di apotek. Obat bebas terbatas dan obat bebas, tanpa resep dokter dapat membeli di apotek atau toko obat berijin. Psikotropika dan Narkotika, golongan 1 tidak untuk pengobatan serta harus dengan resep dokter.

 

Obat wajib apotek adalah obat yang dapat dibeli tanpa resep dokter, tetapi harus diserahkan langsung oleh seorang apoteker kepada pasien disertai info yang lengkap. Kita harus selalu periksa tanggal kadaluarsa obat.

 

Gunakan obat dengan benar, konsultasi dengan apoteker di apotek agar apat menggunakan obat dengan benar. Tips penggunaan obat dengan benar yaitu, sebelum penggunaan obat, selama penggunaan obat dan sesudah penggunaan obat.

 

Sebelum menggunakan obat kita harus, pastikan obat yang akan digunakan sudah betul, pastikan obat masih baik, baca peringatan dalam kemasan, pastikan apakah obat bisa langsung digunakan atau ada hal tertentu yang harus dilakukan dulu (menggerus). Dan gunakan obat dengan benar.

 

Pada saat menggunakan obat, perlu bantuan orang lai, dan penggunaan sudah tepat (tertelan, nempel pada luka,obat tetes sudah masuk/mengena pada bagian tubuh yang sesuai). Setelah penggunaan obat, Apakah timbul gejala khusus misal :kantuk, gatal,  perih lambung, pusing dan kembalikan obat pada tempat/ wadah yang sesuai.

 

Simpan Obat dengan benar, konsultasi dengan apoteker di apotek karena setiap obat memerlukan kondisi penyimpanan yang  berbeda. Tips menyimpan obat dengan benar, baca aturan penyimpanan obat pada kemasan, jauhkan dari jangkauan anak, simpan dalam kemsan asli dan dengan etiket yang masih lengkap, periksa tanggal kadaluarsa dan kondisi obat serta kunci almari penyimpanan obat.

 

Buang obat dengan benar, konsultasi dengan apoteker di apotek agar da[at membuang obat dengan benar.

 

Tips membuang obat dengan benar, hilangkan semua label dari wadah obat, untuk kapsul, tablet atau bentuk padat lain, hacurkan dahulu dan campur obat tersebut dengan tanah,atau bahan kotor lainnya, masukkan plastik dan buang ke tempat sampah, untuk cairan, buang pada kloset, kecuali antibiotika yang harus dibuang bersama wadahnya dengan menghilangkan label dan  intinya: obat harus dimusnahkan dan tidak tersisa.

 

Ingat, Jangan mudah meniru menggunakan obat   seperti orang lain, pada saat ke dokter jelaskan secara rinci keluhan anda dan patuhi petunjuk dokter dan patuhi petunjuk  apoteker di apotik tentang penggunaan dan penyimpanan obat.

 

Untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi Instalasi Farmasi RSUP Persahabatan

Di Gedung Rasmin Rasjid Lantai I