Hidup Sehat Cegah Kanker

 Home / Artikel /Hidup Sehat Cegah Kanker
Hidup Sehat Cegah Kanker

Hidup Sehat Cegah Kanker

Hidup Sehat Cegah Kanker

Oleh: dr. Robertus Surjoseto, Sp.Rad (K).Onk.Rad

RSUP Persahabatan

 

Bagaimana Cara Hidup Sehat Tanpa Kanker Segala Usia? Salah satu penyakit mematikan yang sampai sekarang menghantui setiap orang adalah kanker. Jenis penyakit kanker mampu merusak susunan sel tubuh menjadi tidak terkontrol bahkan sampai sekarang masih belum banyak orang bisa selamat jika mengidap penyakit kanker tersebut.

 

Cara hidup sehat tanpa kanker sebenarnya bisa diterapkan untuk mencegah kerusakan sel tubuh yang berujung kanker. Mungkin pernah mendengar kisah hidup seseorang dalam mengobati penyakit kanker menggunakan banyak cara mulai dari obat herbal sampai pengobatan medis.

 

Siapa Saja Yang Bisa Mengidap Kanker?

 

  • Wanita

Meski pria juga bisa mengalami kanker payudara, wanita pada umumnya perlu lebih waspada karena menjadi seorang perempuan merupakan faktor risiko utama dari kanker payudara.

Pasalnya, hormon estrogen dan progesteron yang bisa meningkatkan pertumbuhan sel kanker payudara ditemukan lebih banyak pada perempuan daripada laki-laki.

 

  • Riwayat keluarga

Seseorang akan lebih berisiko terkena kanker payudara apabila memiliki anggota keluarga seperti nenek, ibu, bibi, atau pun saudara perempuan, yang menjadi penyintas atau penderita kanker payudara.

Jika ada satu orang dari keluarga Anda yang menderita kanker payudara, risiko kanker payudara Anda meningkat hingga dua kali lipat. Jika ada dua orang dari keluarga yang menderita kanker payudara, risikonya pun ikut bertambah tinggi — bisa hingga tiga sampai lima kali lipat lebih tinggi.

 

  • Genetik

Sekitar 5% sampai 10% kasus kanker payudara seringnya berasal dari faktor genetik. Hal ini berkaitan dengan gen BRCA 1 dan BRCA2 – gen manusia yang berfungsi untuk mengontrol pertumbuhan sel, yang telah mengalami mutasi kemudian diturunkan dari orang tua ke generasi selanjutnya. Seorang perempuan yang memiliki gen BRCA1 atau BRCA2 yang telah mengalami mutasi, memiliki risiko yang meningkat sebanyak 80% untuk mengalami kanker payudara.

 

  • Usia

Studi telah menemukan jika seseorang akan lebih berisiko terkena kanker payudara seiring bertambahnya usia. Sekitar 77% wanita yang didiagnosis menderita penyakit ini setiap tahunnya berusia di atas 50 tahun, dan hampir 50% lainnya berusia 65 tahun atau bahkan lebih tua.

 

  • Siklus menstruasi dan menopause

Wanita yang mengalami siklus menstruasi lebih awal – di bawah usia 12 tahun, akan berisiko lebih tinggi dikemudian hari. Faktor risiko ini pun juga akan meningkat pada wanita yang mengalami masa menopause saat mereka berusia lebih dari 55 tahun.

 

  • Faktor lainnya

Selain faktor yang sudah disebutkan di atas, kanker payudara nyatanya juga berisiko pada gaya hidup seseorang, seperti diet, olahraga, merokok, dan minum alkohol. Tidak hanya itu, melahirkan di usia lebih dari 30 tahun, penggunaan alat kontrasepsi hormon, dan terapi hormon setelah menopause juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

 

Mencegah Kanker Dengan Memulai Hidup Sehat:

 

  • Konsumsi Vitamin D

Cara pertama bisa mengkonsumsi vitamiun D dimana manfaat dari vitamin D tersebut bisa berguna untuk memperbaiki sistem imun tubuh terbilang baik maka sel kanker tidak dapat berkembang bahkan tubuh akan tetap stabil dalam kondisi sehat.

 

  • Olahraga Rutin

Aktifitas olahraga rutin bisa bermanfaar untuk menjaga kekebalan tubuh serta membuang racun melalui keringat jadi untuk menjalani hidup sehat tanpa kanker bisa dimulai dengan berolahrga rutin seperti lari ataupun olahraga lainnya.

 

  • Konsumsi Bahan yang mengandung Zinc

Selama ini masih banyak orang tidak sadar bahwa zinc sangat berguna untuk mempertahankan kekebalan tubuh dalam menangkal radikal bebas. Beberapa makanan yang mengandung zinc bisa berupa biji labu, bawang dan sayuran hijau lainnya.

 

  • Konsumsi makanan yang mengandung magnesium

Makanan bermagnesium mencegah penyakit kanker. Untuk takaran magnesium bisa mencapai 200mg hingga 800mg sedangkan dari sumbernya bisa dari biji bunga matahari, apel, lemon, sayuran hijau berwarna gelap dan kacang almond.

 

  • Makanan Organik

Jenis makanan organik sampai sekarang banyak dipsarkan untuk memberi manfaat lebih alami pada tubuh.seperti kita tahu bahwa makan jenis organic mengandung sedikit pestisida dimana mampu memicu kanker. Kandungan kimia pada pupuk akan mengurangi khasiat alami dari sayuran sehingga membuat tubuh terpapar zat pestisida berbahaya. Maka dari itu,cara hidup sehat tanpa kanker dimulai dengan konsumsi makanan organic, meskipun dari segi harga lebih mahal.

 

  • Makanan anti kanker

Mengenai jenis makanan anti kanker sudah pasti banyak beredar di pasaran mulai dari brokoli, bawang putih, teh hijau, blueberry, tomat, hingga kunyit. Tentu dari beberapa jenis sayuran tersebut mengandung zat anti kanker yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

 

  • Makanan berwarna orange

Kita juga dapat mengkonsumsi makanan berwarna orange mulai dari mangga,wortelm jeruk, tomat, dan pepaya. Makanan bewarna orange memiliki kandungan beta karoten,lutein dan lycopene yang sangat penting sebagai penangkal kanker.

jenis makanan alami seperti sayur dan buah menjadi cara yang mudah agar terhindar dari kanker. Tambahkan porsi olahraga dan mengatur pola makan untuk menghindari radikal bebas yang ada di sekitar kita.