IBU HEBAT DIMASA PANDEMI

 Home / Artikel /IBU HEBAT DIMASA PANDEMI
IBU HEBAT DIMASA PANDEMI

IBU HEBAT DIMASA PANDEMI

Oleh Pelita Verawati Sinaga, S.Psi.,MM Psikolog

Dari RSUP Persahabatan

 

Ada  beberapa peran ibu dalam keluarga : Sebagai manajer keluarga, sebagai pendidik, spikolog bagi anak dan keluarga, sebagai perawat, sebagai koki, pelindung, panutan,, akuntan, keluarga, motivator keluarga, dokter keluarga, sebagai fashion designer,sekretaris, ahli perbaikan, sebagai sahabat, event organizer,sebagai pegawai teladan, sebagai penjaga kebersihan, sebagai Partner, dan sebagai superhero.

 

Dan disampaikan juga bahwa ibu hebat dan membuat keluraga tangguh Di buktikan bahwa: Ibu menomorsatukan keluarga,memberikan ASI dan merawat sibuah hati, mengajarkan anak menjadi pribadi yang mandiri sejak dini dengan activity of daililiving seperti Makan, minum mandi secara mandiri, mengajarkan disiplin diri saat ini dan nanti, tidak pernah lelah dalam mengasuh si buah hati, diberikan dengan penuh kasih sayang dan cinta.

 

Keluarga tangguh: adalah keluarga yang memiliki kemampuan untuk menghadapi tekanan ( stres), dan krisis secara efektif.

 

Untuk menjadi keluarga tangguh, ada beberapa strategi yang dilakukan:

  1. Iman
  2. Aman
  3. Imun

 

  1. Iman: beribadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing- masing, melakukan kegiatan yang bermakna bagi orang lain, menolong orang lain, dengan menolong akan memberikan  kebahagiaan bagi diri sendiri, sehingga akan meningkatkan imunitas.
  2. Aman: patuh terhadap protokol kesehatan untuk mencegah penularan infeksi dari Covid-19 yaitu dengan  5 M ( memakai masker, Menjaga Jarak mencuci  tangan dengan sabun, menjauhi kerumunan, menghindari  makan  bersama)
  3. Imun: dengan melakukan 4 P ( Pola makan, pola tidur, pola aktivitas, pola piker positif, salah satu pola piker positif dengan : Sabar, syukur, pasrah, ikhlas

 

Dukungan bagi keluarga dimasa pandemic:

  1. Dukungan informasi: memberi  nasehat, saran dan masukan sesuai dengan kebutuhan penyintas covid
  2. Dukungan emosional: kepedulian dan perhatian memberikan rasa nyaman, tentram, dibutuhkan dan dicintai saat mengalami tekanan dalam proses pemulihan
  3. Meluangkan waktu: dengan meluangkan waktu lebih banyak untuk melakukan kegiatan bersama kelurga, Seperti: makan bersama, berdiskusi, menonton TV , dll
  4. Dukungan penghargaan: pujian yang tulus atas semangat dan pencapain  yang diperoleh oleh penyintas covid-19, dorongan dan motivasi terhadap ide dan perasaan yang dialami.
  5. Dukungan lain: pemberian materi maupun barang yang dibutuhkan, lingkungan rumah yang bersih, aman dan nyaman dapat membantu penyintas Covid-19 melewati proses pemulihan dengan baik.

Dukungan kelompok:

Mendorong kegiatan diluar lingkup keluarga sepertia : seperti Organisasi,terkait: komunitas Peduli skizofrenia Indonesia/KPSI, bipolar care Indonesia/ BCI, into the light, maupun masyarakat penyuluh kesehatan, kegiatan olahraga, kegiatan hari besar agama dan negara. (Produksi Promkes | Publikasi Hukormas)