Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah Tangga

 Home / Artikel /Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah Tangga
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah Tangga

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah Tangga

Pengertian PHBS:Semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan dalam kegiatan-kegiatan di masayarakat.

 

PHBS di rumah tangga:

  • PHBS di Rumah Tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau, mampu melaksanakan perilaku hiodup bersih dan sehat serrta berperan aktig dalam gerakan kesehatan di masyarakat.
  • Bertujuan untuk mencipkan Rumah Tangga Sehat.
  • Rumah tangga sehat adalah rumah tangga yang melaksanakan 10 tatanan PHBS di Rumah Tangga.

 

  1. Perilaku hidup bersih dan sehat di rumah tangga:

 

  1. Persalinan  yang ditolong oleh tenaga kesehatan (bidan, dokter, dan tenaga para medis lainnya). Tenaga kesehatan merupakan orang yang sudah ahli dalam membantu persalinan sehingga keselamatan Ibu dan Bayi lebih terjamin.Bila terdapat kelainan dapat diketahui dan segera ditolong atau dirujuk ke apauskesmas atau rumah sakit.
  2. ASI merupakan makanan alamiah berupa cairan dengan kandungangizi yang cukup dan sesuai untuk kebutuhan bayi, sehingga bayi tumbuh dan berkembang dengan baik. ASI Eksklusif diberikan pada bayi usia 0-6 bulan tanpa memberikan tambahan makanan atau minuman lain.
  3. Penimbangan bayi dan balita dimaksudkan untuk memantau pertumbuhannya setiap bulan. Penimbangan bayi dilakukan setiap bulan mulai umur 1 bulan sampai 5 tahun di Posyandu.
  4. Syarat air bersih:Air tidak berwarna, harus jernih/bening. Air tidak keruh, harus bebas dari pasir, debu, lumpur, sampah, busa dan kotoran lainnya. Air tidak berasa, tidak berasa asin, tidak berasa asam, tidak payau, dan tidak pahit, harus bebas dari bahan kimia beracun. Air tidak berbau amis, anyir, busuk atau bau belerang.
  5. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun.
  6. Menggunakan jamban sehat, Jamban merupakan suatu ruangan yang mempunyai fasilitas pembuangan kotoran manusia yang terdiri dari atas tempat jongkok atau tempat duduk dengan leher angsa atau tanpa leher angsa (cemplung) yang dilengkapi dengan unit penampungan kotoran dan air untuk membersihkannya.
  7. Memberantas jentik di rumah, Bertujuan agar rumah bebas jentik. Rumah bebas jentik merupakan rumah tangga yang setelah dilakukan pemeriksaan jentik secara berkala tidak terdapat jentik nyamuk.Plus menghindari gigitan nyamuk dengan cara:Menggunakan kelambu. Menggunakan obat yang dapat mencegah gigitan nyamuk.Tidak menggantung pakaian. Pencahayaan dan ventilasi yang memadai.
  8. Makan sayur dan buah setiap hari.Makan buah dan sayur setiap hari sangat penting karena:Mengandung vitamin dan mineral yang mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh. Mengandung serat yang tinggi.
  9. Melakukan aktifitas fisik setiap hari, Aktivitas fisik adalah melakukan pergerakan anggota tubuh yang menyebabkan pengeluaran tenaga yang sangat pemeliharaan kesehatan fisik, mental dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat dan bugar sepanjang hari.
  10. Tidak merokok di dalam rumah.