Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia 2018

 Home / Artikel /Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia 2018
Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia 2018

Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia 2018

Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia 2018

 

Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia yang diperingati pada tanggal 24 Maret setiap tahun, Instalasi Pelayanan Humas & PKRS mengadakan Kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit Rabu, 14 Maret 2018,  kepada pasien dan keluarga yang sedang menunggu.

Indonesia mengambil Tema Peringatan HTBS tahun 2018 yaitu Peduli TBC, Indonesia Sehat. Pelaksanaan Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia tahun 2018 dapat dijadikan sebagai momentum dimana kesadaran masyarakat tentang bahaya TBC meningkat dan dilakukan melalui aksi Gerakan Temukan TBC Obati Sampai Sembuh (TOSS TBC) yang merupakan mendorong pasien TBC untuk memeriksakan diri dan menjalani pengobatan sampai tuntas.

Kegiatan edukasi ini disampaikan oleh Instalasi Rawat Inap A Soka Bawah dan Soka Atas dengan narasumber dr. Widhi Yudhistira “Modifikasi Diit Pada Pasien TB” Ganjar Kundi Prasetya, S.Kp, Ners mengangkat tema”Efek Samping OAT” dan Instalasi Gizi dengan narasumber Anni Dian, AMG dengan tema”Gizi Pada TB Paru”.

Apa itu TB Paru? TB paru adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mikrobakterium tuberkulosa. Penyakit TB dapat menyerang siapa saja (tua, muda, laki-laki, perempuan) dan dimana saja.

Tanda dan gejala TB paru seperti Demam yang berlangsung lama, Sering berkeringat di malam hari, Batuk-batuk lebih dari 3 minggu, Nafsu makan menurun, Berat badan menurun dan Batuk ada dahak/ berdarah. Pengobatan TB Paru pengobatan jangka panjang, biasanya selama 6-9 bulan.

Bagaimana pencegahan TB paru, Tidak meludah sembarangan, Menutup mulut saat ada orang batuk ataupun bersin, Olahraga teratur, Jaga jarak aman ketika berhadapan dengan penderita TB Paru serta Meningkatkan daya tahan tubuh dengan makan makanan yang sehat dan bergizi.