Persiapan Pasien Pada Pemeriksaan Radiologi Dengan Menggunakan Media Kontras

 Home / Artikel /Persiapan Pasien Pada Pemeriksaan Radiologi Dengan Menggunakan Media Kontras
Persiapan Pasien Pada Pemeriksaan Radiologi Dengan Menggunakan Media Kontras

Persiapan Pasien Pada Pemeriksaan Radiologi Dengan Menggunakan Media Kontras

Instalasi Humas & Pemasaran bekerjasama dengan Instalasi Radiologi mengadakan kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit dengan mengangkat topik Persiapan Pasien Pada Pemeriksaan Radiologi Dengan Menggunakan Media Kontras acara ini dilaksanakan di Ruang Tunggu Radiologi dengan narasumber  Ratri Madya Pristiwati, Amd, RAD  pada hari Senin, 5 September 2019, Pukul 09.00 s/d 10.00 WIB.

 

Kegiatan ini dihadiri pasien dan keluarga yang sedang menunggu  di  Ruang tunggu. Dalam kegiatan PKRS ini, narasumber menjelaskan tentang pemeriksaan dari radiologi dengan menggunakan media kontras. Pemeriksaan Radiologi Adalah Pemeriksaan dengan menggunakan tekhnologi pencitraan untuk mendiagnosis suatu penyakit. Pemeriksaan radiologi berguna untuk membantu dokter melihat kondisi bagian dalam tubuh.

 

Bahan kontras Adalah merupakan senyawa-senyawa yang digunakan untuk meningkatkan visualisasi struktur-struktur internal pada sebuah pencitraan diagnostik medik. Bahan kontras di radiologi ada Barium sulfat, iodium, gadolinium. Pemeriksaan yang menggunakan kontras media, CT Scan, MRI, Konvensional : BNO IVP, Colon In loop, Fistulografi, dll.

 

Mengapa diperlukan puasa sebelum pemeriksaan dengan menggunakan kontras media? Untuk mengurangi resiko terjadi aspirasi paru jika terjadi muntah. Aspirasi paru adalah masuknya makanan, asam lambung, air liur, atau benda asing lainnya ke paru-paru yang dapat memicu infeksi paru.

 

Pemeriksaan Pada CT Scan di perlukan Puasa 4 Jam dan 12 Jam, untuk CT scan kepala dan thorax hanya di perlukan puasa 4 jam. Untuk CT scan abdomen diperlukan puasa selama 12 jam.

 

Persiapan pemeriksaan CT Scan Abdomen, 1 hari sebelumnya dianjurkan makan bubur kecap saja dan pada malam harinya minum garam inggris. Dilanjutkan puasa sampai selesai pemeriksaan. Untuk pasien yang meminum obat gula 1 hari sebelum dan 1 hari sesudahnya tidak diminum. Pasien membawa air mineral 600 ml. Hasil darah UR CR dalam keadaan normal.

 

Persiapan Pemeriksaan CT Scan Thorax, Kepala, Angiografi, puasa 4 jam. Untuk pasien yang meminum obat gula 1 hari sebelum dan 1 hari sesudahnya tidak diminum dan hasil darah UR CR dalam keadaan normal.

 

Persiapan pemeriksaan Konvensional dengan Menggunakan Kontras, Colon in Loop dan BNO IVP di puasakan 12 jam dan meminum garam inggris. OMD di puasakan 6 jam. Follow through dipuasakan 6 jam. Fistulografi tidak dipuasakan dan Lopografi tidak dipuasakan.