Rhinosinusitis

 Home / Artikel /Rhinosinusitis
Rhinosinusitis

Rhinosinusitis

Rhinosinusitis

Instalasi Humas & Pemasaran bekerjasama dengan Kelompok Staf Medis Telinga Hidung & Tenggorokan mengadakan kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) dengan mengangkat topik “Rhinosinusitis”. Acara ini dilaksanakan di Klini Telinga Hidung & Tenggorokan dengan narasumber Koass FK UPN pada hari Jumat, 7 September 2018, Pukul 10.00 s/d 11.00.

Kegiatan edukasi ini dihadiri oleh pasien & keluarga. Dalam kegiatan PKRS disampaikan mengenai apa itu rhinosinusitis? Peradangan yang mengenai mukosa rongga hidung dan sinus paranasal dengan terjadinya pembentukan cairan atau adanya kerusakan pada tulang di bawahnya.

Penyebab rhinosinusistis adalah Inspeksi saluran napas atas, polip hidung, kelainan anatomi seperti tulang hidung bengkok, infeksi dalam rongga mulut, kelainan imun, lingkungan berpolusi,udara dingin dan kering serta kebiasaan merokok à menyebabkan perubahan mukosa dan merusak silia.

Jenis – jenis Rhinosinusitis: jamur, akut, kronik dan dentogen

Rhinosinusitis Akut: Penyebab : Virus (Common Cold) à gejala kurang dari 10 hari, Bakteri (minimal 3 gejala), Ingus kental (salah satu hidung), Nyeri berat (kedua hidung), Demam > 38? C, Peningkatan Laju Endap Darah (LED) atau C-reactive Protein (CRP), Perburukan gejala setelah 5 hari.

Rhinosinusitis Kronik: Berlangsung lebih dari 12 minggu dengan minimal dua gejala, salah satunya hidung tersumbat atau pilek (sekret anterior/posterior), Fungsi penghidu menurun, Nyeri tekan pada wajah dan Gejala alergi (bersin, ingus encer, hidung gatal, mata gatal dan berair).

Sinusitis Dentogen, disebabkan oleh adanya infeksi pada gigi geraham atas à akar gigi berada di rongga sinus maksila. Gejala : Nyeri pada salah satu pipi, ingus kentala dan napas berbau busuk. Penanganan : Cabut gigi yang terinfeksi dan di rawat  dan antibiotic.

Sinusitis Jamur, Meningkat bila pemakaian obat-obatan antibiotik, anti peradangan, gejala dan sinusitis pada salah satu sisi.

Pengobatan rhinosinusitis adalah cuci hidung, anti radang, anti alergi dan operasi.Pencegahan rhinosinusitis yaitu dengan, menjaga kebersihan hidung , tidak meniup udara melalui hidung terlalu keras, tidak mengorek-ngorek hidung terlalu dalam, jangan merokok dan hindari pemicu alergi bila memiliki alergi.

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi Klinik THT RSUP Persahabatan

Di Instalasi Rawat Jalan Lantai 2