Donor Darah Di Bulan Ramadhan RSUP Persahabatan

 Home / Berita /Donor Darah Di Bulan Ramadhan RSUP Persahabatan
Donor Darah Di Bulan Ramadhan RSUP Persahabatan

Donor Darah Di Bulan Ramadhan RSUP Persahabatan

Penyumbang darah atau pendonor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah kemudian digunakan transfusi darah.

 

Bank Darah Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan bekerja sama dengan PMI Pusat secara rutin melaksanakan kegiatan donor darah pada saat bulan Ramadhan. Bertempat di Aula Gedung dr Soepandi Moekajin, Sp P, Rabu (5/5/2021) dengan menerapkan protokol kesehatan.

 

Pendonor yang mendaftar sebanyak 120 orang tetapi yang memenuhi persyaratan setelah melalui pemeriksaan sebanyak 73 peserta dari target 100 pendonor. Hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti pendonor yang masih mengonsumsi obat, kurang tidur dan hemoglobin (Hb) terlalu tinggi ataupun rendah. 

 

Manfaat donor darah bagi kesehatan? Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah. Kekentalan darah merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah. (hukormas)