PELATIHAN ERGONOMI KURANGI GANGGGUAN KESEHATAN LBP DAN HNP

 Home / Berita /PELATIHAN ERGONOMI KURANGI GANGGGUAN KESEHATAN LBP DAN HNP
PELATIHAN ERGONOMI KURANGI GANGGGUAN KESEHATAN LBP DAN HNP

PELATIHAN ERGONOMI KURANGI GANGGGUAN KESEHATAN LBP DAN HNP

Jakarta. Rumah sakit sebagai fasilitas pelayanan kesehatan merupakan industri labor intensive dengan keterlibatan manusia yang tinggi. Kegiatan manual handling yang dilaksanakan oleh perawat, pembantu rumah sakit, petugas gudang dan sikap tubuh yang tidak wajar saat bekerja berpotensi bahaya ergonomi.

 

Praktek ergonomi yang baik merupakan pengendalian bahaya potensial ergonomic untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan seperti low back pain (LBP) dan hernia nucleus pulposus (HNP). Untuk itu RSUP Persahabatan mengadakan Pelatihan Ergonomi sebagai salah satu upaya pengendalian dan meningkatkan pemahaman para petugas dalam praktik ergonomi yang dilaksanakan pada tanggal 10 dan 12 September 2019, bertempat di ruang pertemuan gedung Seruni lantai 3.

 

Sambutan sekaligus pembukaan diberikan oleh Direktur Medik dan Keperawatan DR. dr. H.M Alsen Arlan, Sp.B.KBD, MARS pada kegiatan yang difasilitasi oleh Instalasi Keselamatan Kecelakaan Kerja dan Instalasi Rehab Medik serta diikuti oleh 120 orang pegawai.

 

Materi pelatihan meliputi hal-hal pengenalan mengenai Penyakit Akibat Kerja (KAK), pencegahan Kecelakaan Akibat Kerja (KAK), materi ergonomic. Pada sesi terakhir dilakukan praktek ergonomi oleh para peserta.