PELATIHAN HIV TENAGA PERAWAT RSUP PERSAHABATAN

 Home / Berita /PELATIHAN HIV TENAGA PERAWAT RSUP PERSAHABATAN
PELATIHAN HIV TENAGA PERAWAT RSUP PERSAHABATAN

PELATIHAN HIV TENAGA PERAWAT RSUP PERSAHABATAN

 

Jakarta. Human Immunodeficiency Virus (HIV) masih merupakan salah satu masalah kesehatan di dunia walaupun upaya pengendalian dengan strategi ABCD (Abstinace, Be faithful, Condom, Don’t use drugs, equipment) dan pemberian HAART (Highly, Active, Antiretroviral Therapy) dini telah ditingkatkan.  Kasus HIV di Indonesia sendiri seperti fenomena gunung es, yang dilaporkan jauh dari jumlah kasus yang sebenarnya. Dengan pemberian ARV yang adekuat, saat ini penyakit HIV telah menjadi salah satu penyakit kronik dengan berbagai aspek medis dan psiko-sosialnya.

 

Pengetahuan petugas kesehatan mengenai HIV/AIDS perlu terus ditingkatkan, salahsatunya dengan pelatihan. RSUP Persahabatan sebagai rumah sakit rujukan kasus HIV/AIDS perlu memiliki tenaga perawat yang mempunyai pengetahuan lebih mengenai penyakit tersebut, terutama bagi tenaga perawat yang sehari-hari sering berhadapan dengan kasus-kasus HIV/AIDS.

 

Tim Prognas HIV/AIDS RSUP Persahabatan bekerjasama dengan Bagian Diklat serta Instalasi Humas & Pemasaran menyelenggarakan pelatihan HIV yang diikuti 40 orang tenaga perawat,  pada hari Selasa tanggal 03 Juli 2018 bertempat di gedung Seruni lantai 3.  Pada pelatihan ini disajikan materi yang disampaikan oleh narasumber berkompeten pada bidangnya, antara lain :

 

  1. Dr. Eppy, Sp.PD (K) dengan materi Diagnosis dan Tatalaksana HIV/AIDS Dewasa di Rumah Sakit
  2. Dr. Heidy Agustin, Sp.P(K) dalam TB pada HIV/AIDS
  3. Dr. Aswin Rumawas, Sp.S dalam Neuro - AIDS
  4. Dr. Fauzi Mahfudz, SP.A dalam Diagnosis dan Tatalaksana HIV/AIDS anak di Rumah Sakit
  5. Dr. Yuyun, Sp.OG (K) dalam  PMTCT (Prevention Mother To Child Transmission) of HIV
  6. Dr. Dewi Yennita, SP.PK dalam Pemeriksaan Laboratorium untuk HIV/AIDS
  7. Nunung Nurhayati, S.Kep dalam VCT (Voluntary Conseling and Testing)
  8.  

Dengan diadakannya pelatihan ini, maka diharapkan tenaga perawat yang menangani pasien HIV/AIDS dapat meningkat pengentahuannya dan dapat menunjang tercapainya pelayanan HIV/AIDS yang berkualitas di RSUP Persahabatan. (CH)