PELATIHAN PEMERIKSAAN GLUKOSA DARAH SECARA POINT OF CARE TESTING

 Home / Berita /PELATIHAN PEMERIKSAAN GLUKOSA DARAH SECARA POINT OF CARE TESTING
PELATIHAN PEMERIKSAAN GLUKOSA DARAH SECARA POINT OF CARE TESTING

PELATIHAN PEMERIKSAAN GLUKOSA DARAH SECARA POINT OF CARE TESTING

Jakarta. Hasil pemeriksaan laboratorium diperlukan untuk menegakkan diagnosis, pemberian terapi, pemantauan terapi dan menentukan prognosis. Hasil pemeriksaan laboratorium yang baik dan akurat dipengaruhi oleh faktor pra-analitik, faktor analitik dan faktor post analitik. Faktor pra-analitik adalah faktor yang paling sering menyebabkan kesalahan pada hasil pemeriksaan laboratorium. Hampir 709 kesalahan hasil laboratorium disebabkan oleh faktor pra-analitik, sisanya berasal dari faktor analitik dan post analitik.

 

Uji skrining di ruangan tempat pasien di rawat dilakukan untuk pemeriksaan gula darah sewaktu dengan alat glukometer. Uji skrining di ruangan (point of care testing) dilakukan oleh staf yang terlatih dan dalam pengawasan unit laboratorium Patologi Klinik.

 

Sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan di rumah sakit secara umum dan pelayanan laboratorium secara khusus, maka diperlukan adanya standarisasi dan keseragaman dalam tata cara pelaksanaan point of care testing. Oleh karena itu unit Laboratorium Patologi Klinik mengadakan Pelatihan Point of Care Testing (POCT) pada hari Rabu tanggal 14 Agutus 2019, bertempat di gedung Seruni lantai 3.

 

Pelatihan yang bertujuan agar petugas dapat mengetahui dasar- dasar teknik pelaksanaan POCT dengan aman, efisien dan sesuai standar ini diikuti oleh 50 orang Perawat ruang rawat inap, Perawat klinik Diabetes dan Analis Laboratorium. Selain itu, pelatihan ini juga dilakukan dengan mempertimbangkan adanya perawat-perawat baru yang bekerja di RSUP Persahabatan yang pada akhirnya akan melakukan pemeriksaan POCT.