PELATIHAN TB PETUGAS LAYANAN TB RSUP PERSAHABATAN

 Home / Berita /PELATIHAN TB PETUGAS LAYANAN TB RSUP PERSAHABATAN
PELATIHAN TB  PETUGAS LAYANAN TB RSUP PERSAHABATAN

PELATIHAN TB PETUGAS LAYANAN TB RSUP PERSAHABATAN

Jakarta. Kuman Mycobacterium Tuberculosis penyebab penyakit Tuberkulosis (TB) yang dinyatakan resisten terhadap Obat Anti Tuberkulosis (OAT) disebut Tuberkulosisi Resisten Obat (TB RO). Penatalaksanaan TB RO lebih rumit dan lebih banyak memerlukan perhatian dibanding TB yang tidak resisten.

 

Dalam peningkatan kasus TB RO yang ditemukan dan diobati, terdapat tantangan berupa angka keberhasilan yang rendah dan tingginya angka putus pengobatan pasien TB RO. Tatalaksana TB RO yang tersedia saat ini membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni minimal 20 bulan.

 

Upaya tatalaksana penggunaan panduan pengobatan standar tersebut dapat berjalan dengan baik, jika diimbangi dengan petugas-petugas pelaksana di layanan memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang memadai.

 

Tim TB RSUP Persahabatan bekerjasama dengan Bagian Diklat menyelenggarakan pelatihan TB yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 12 Oktober 2018. Diikuti oleh seluruh petugas layanan TB di RSUP Persahabatan, yang terdiri dari Tim Ahli Klinis TB, Sekretaris Tim TB Dots, Perawat TB per unit baik rawat jalan maupun rawat inap, petugas Lab Mikrobiologi, petugas Rekam Medis, perawat IGD dan dokter umum.

 

Pada pelatihan ini disajikan materi yang disampaikan oleh narasumber berkompeten pada bidangnya, antara lain :

  1. Epidemologi TB SO dan Ro oleh dr. Erlina Burhan, Sp.P(K)
  2. Diagnosis TB SO dan RO oleh dr. RR Diah Handayani, Sp.P(K)
  3. Pengobatan TB SO dan RO oleh dr. Heidy Agustin, Sp.P(K)
  4. PPI TB oleh dr. Fathiyah Isbaniyah, Sp.P(K)

Dengan diadakannya pelatihan ini, maka diharapkan terwujudnya pelayanan TB di RSUP Persahabatan dengan baik. (CH)