Perkembangan Terbaru Mengenai Pencegahan dan Penatalaksanaan COVID -19

 Home / Berita /Perkembangan Terbaru Mengenai Pencegahan dan Penatalaksanaan COVID -19
Perkembangan Terbaru Mengenai  Pencegahan dan  Penatalaksanaan  COVID -19

Perkembangan Terbaru Mengenai Pencegahan dan Penatalaksanaan COVID -19

Dalam rangka menjaga semangat seluruh civitas hospitalia RSUP Persahabatan di masa pandemi ini, Komite Mutu dan Keselamatan Pasien bersama Bagian Pendidikan dan Penelitian mengadakan webinar Internal melalui aplikasi zoom, untuk seluruh karyawan RSUP Persahabatan Selasa (13/10/2020). Acara di buka oleh Plh Direktur Utama RSUP Persahabatan dr. Rochman Arif, M. Kes.  Dengan pembicara Prof. dr. Menaldi Rasmin , Sp.P(K) , FCCP, FISR dan moderator dr. Oni Khonsa, Sp.OG(K).

 

SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit pada manusia (Corona Virus Disease 2019-COVID-19) telah berkembang menjadi suatu kedaruratan kesehatan bagi masyarakat global sejak pasien pertama terdeteksi di Wuhan, Cina, pada bulan Desember 2019.

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi mengumumkan wabah COVID-19 sebagai pandemi pada tanggal 11 Maret 2020. Sampai saat ini COVID 19 telah menjangkiti 179 negara.

 

Di Indonesia sendiri  Presiden Joko Widodo menetapkan penyebaran COVID-19 ini sebagai bencana nasional per 13 April 2020 yang dituangkan dalam  Keputusan Presiden (Keppres) No. 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non-Alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Sebagai Bencana Nasional. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (28 September 2020, pukul 08.00 WIB) saat ini di Indonesia jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 275.213 kasus dengan 10.386 pasien yang meninggal (3,8%) dan 203.014 pasien sembuh (73,8%) sejak kasus pertama diumumkan pada 2 Maret 2020.

 

DKI Jakarta menjadi salah satu wilayah penyumbang kasus positif  COVID-19 tertinggi secara nasional. Berdasarkan data kasus pasien COVID-19 dari Kementerian Kesehatan RI tanggal 27 September kasus positif DKI bertambah mencapai 1.217 orang, sehingga akumulasi kasus positif di DKI Jakarta sampai hari ini ( 28 September ) sebanyak 70.441 kasus.

 

COVID -19 sendiri terus mengalami perubahan. Virus tersebut telah banyak bermutasi sehingga disebutkan bahwa terdapat beberapa strain yang berbeda pada berbagai negara. Manifestasi klinis yang ditimbulkan juga semakin bervariasi. Hal ini menyebabkan penelitian terus berkembang. Berbagai terapi telah dilaporkan untuk mengendalikan penyakit tersebut.

 

RSUP Persahabatan sendiri ditetapkan sebagai Rumah Sakit khusus COVID. Sudah seharusnya semua pegawai RSUP Persahabatan mempunyai pengetahuan yang baik dan  terbaru mengenai COVID-19 . Dengan terus berkembangnya penyakit ini maka akan selalu ada informasi terbaru mengenai COVID-19.

 

Oleh karena itu dipandang perlu untuk memberikan perkembangan terbaru mengenai penyakit ini baik penatalaksanaan maupun pencegahannya kepada semua pegawai di RSUP Persahabatan melalui webinar.

 

Tujuan acara ini Meningkatkan pengetahuan pegawai RSUP Persahabatan mengenai pencegahan dan penatalaksanaan yang terbaru mengenai COVID-19. Meningkatkan keselamatan pegawai RSUP Persahabatan dengan bertambahnya pengetahuan mengenai COVID-19.