Puncak Perayaan HUT RSUP Persahabatan dan Peresmian Klinik Pelayanan TB Terpadu

 Home / Berita /Puncak Perayaan HUT RSUP Persahabatan dan Peresmian Klinik Pelayanan TB Terpadu
Puncak Perayaan HUT RSUP Persahabatan dan Peresmian Klinik Pelayanan TB Terpadu

Puncak Perayaan HUT RSUP Persahabatan dan Peresmian Klinik Pelayanan TB Terpadu

 

Jakarta. Dalam rangka perayaan puncak HUT RSUP Persahabatan ke-56 dan Peresmian Klinik Pelayanan TB Terpadu yang diselenggarakan Jum’at, 6 Desember 2019 bertempat di Auditorium  dr. Soepandi Moekajin Gedung Griya Puspa lantai 2 RSUP Persahabatan, dihadiri kurang lebih 70 undangan Institusi dan Perusahaan yang bekerjasama dengan RSUP Persahabatan.

 

Acara diawali oleh tarian Jaipong  dilanjutkan paduan suara dari para dokter internal RSUP Persahabatan. Kemudian Plt. Direktur Utama dr. Rita Rogayah, Sp.P(K) menceritakan sejarah berdirinya RSUP Persahabatan dari awal dibangun pada 7 November 1963 hingga pencapaiannya saat ini. Penandatanganan prasasti Klinik Pelayanan TB Terpadu dan peluncuran buku Sejarah RSUP Persahabatan merupakan puncak dari kegiatan HUT RSUP Persahabatan.

 

Acara dilanjutkan sambutan oleh Duta Besar Rusia yang diwakilkan oleh Oleg Kopylov, Wakil Duta Besar Rusia, yang mengatakan “Kami sangat senang bahwa RSUP Persahabatan masih dikenal oleh masyarakat indonesia sebagai Rumah Sakit Rusia. Rumah Sakit yang di bangun lebih dari 50 tahun lalu dengan bantuan rusia hingga sekarang menjadi salah satu Rumah Sakit Terbesar di Indonesia. Kami sangat berterima kasih kepada administrasi pusat telah menjaga peringkat terbaik peninggalan rusia dan memelihara bangunan serta alat-alatnya yang dipasang pada zaman itu sampai sekarang masih bermanfaat  untuk masyarakat Indonesia. Tahun 2020 nanti Rusia dengan pemerintahan Indonesia akan merayakan 70 tahun hubungan diplomatik, sehubungan dengan hal ini kami akan mengenalkan RSUP Persahabatan dalam sebuah pameran foto yang mendedikasikan hubungan baik antara Indonesia dengan Rusia. Orang yang akan berkunjung di pameran RSUP Persahabatan bisa belajar lebih tentang sejarah kolaborasi kedua negara kita. Kami sangat yakin bahwa kedua negara kita tidak hanya menjaga warisan pada zaman dulu tetapi juga menatap masa depan bersama. Pihak rusia bersedia untuk memberikan bantuan yang diperlukan untuk meningkatkan kerjasama Indonesia dengan Rusia termasuk dalam bidang kesehatan”. Kemeriahan acara berlanjut dengan penampilan musikal siswa-siswi dari sekolah Rusia, sumbangsih Kedutaan Besar Rusia.

 

Pada kesempatan yang sama Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI dr. Bambang Wibowo, SpOG(K), MARS. mewakili Menteri Kesehatan Republik Indonesia Letjen TNI (Pur) Dr.dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad(K) RI juga memberikan ucapan selamat kepada seluruh undangan khususnya dr. Mohammad Ali Toha,MARS atas prestasi yang telah diperoleh yaitu terakeditasi KARS Internasional, JCI dan Keuangannya terakeditasi oleh ISO. Dr. Bambang juga menyampaikan pantun dari Menteri Kesehatan “Telah datang dokter serdadu, Bawa senjata berpegang ilmu, Pembukaan klinik pelayanan TB terpadu, Upaya wujudkan SDM Unggul Indonesia Maju”. “Masak Bubur dari Beras Ketan, Tambah nikmat pakai daun pandan Tingkatkan terus layanan kesehatan RS Persahabatan semakin maju kedepan”.