RUN FOR FUN 5KM DI CFD Dalam Rangka TB & Asthma Day 2018

 Home / Berita /RUN FOR FUN 5KM DI CFD Dalam Rangka TB & Asthma Day 2018
RUN FOR FUN 5KM DI CFD Dalam Rangka TB & Asthma Day 2018

RUN FOR FUN 5KM DI CFD Dalam Rangka TB & Asthma Day 2018

RUN FOR FUN 5KM DI CFD

Dalam Rangka TB & Asthma Day 2018

 

Jakarta. Memeriahkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada hari Minggu tanggal 22 april 2018, RSUP Persahabatan bekerjasama dengan pemerintah  Walikota Jakarta Timur menggelar acara dalam rangka TB & Asthma Day di jalan Pemuda – Rawamangun.

Acara yang dipersembahkan untuk warga DKI Jakarta khususnya wilayah Jakarta Timur dimulai sejak pukul 06.00 diawali dengan pelepasan tim Gowes Persahabatan Community dan diikuti 500 peserta Run for Fun 5km yang berasal dari warga DKI Jakarta dan sekitarnya, serta senam aerobik diikuti sekitar 600 warga yang memenuhi area panggung utama.

Direktur Utama RSUP Persahabatan dr. Mohammad Ali Toha, MARS dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Peringatan TB & Asthma Day perlu dilakukan agar tenaga kesehatan, masyarakat, organisasi pemerintah dan non pemerintah serta semua sektor terkait  mengingat dan menjadi lebih waspada terhadap kedua penyakit  ini serta kelanjutan penyakit yang diakibatkannya”.

Tingginya jumlah penderita penyakit TB di Indonesia, kepada masyarakat Pak Ali mengingatkan jika ada penderita atau keluarga yang mengalami gejala penyakit ini yaitu batuk lebih dari 2 minggu dan sesak nafas, hendaknya segera diperiksakan ke pusat layanan terdekat “jangan minum obat warung saja”, pola hidup sehat hendaknya dilakukan guna mencegah penurunan produktivitas agar menjadi bangsa yang sehat dan kuat, karena meningkatnya produktivitas nasional dapat menjadikan bangsa Indonesia  lebih jaya.

Sekretaris Walikota Jakarta Timur Drs. Usmayadi menghimbau warganya agar selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan menjaga kesehatan untuk mencegah pencetus Asthma muncul, penderita penyakit TB hendaknya berobat secara benar dan tepat “Pengobatan harus secara tuntas, jika tidak akan kembali ke titik nol”, bagi keluarga penderita lakukan pengawasan khusus kepada pasien agar tertib minum obat.

Stand pemeriksaan spirometri gratis disediakan bagi pengunjung yang ingin memeriksakan kesehatan paru nya. Acara dilanjutkan dengan atraksi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yaitu pencak silat dan drum band serta organ tunggal yang diselingi dengan pembagian door price untuk pengunjung yang hadir hari itu. Pembagian hadiah lomba bagi pemenang Run For Fun 5Km yang diberikan kepada :

  • Kategori laki-laki

Juara 1 :Muh. Ilyas (26) warga Bogor

Juara 2:Marwan (45) warga Kebayoran Lama - Jakarta Selatan

Juara 3 :Arya Fajar Lutfi (17) warga Duren Sawit- Jakarta Timur

 

  • Kategori Perempuan

Juara 1 :Fuaziyyah Khansa (23) karyawan Bank Indonesia

Juara 2 :Vera Dahlia (23) mahasiswa Universitas Ibnu Khaldun

Juara 3:Patmawati (31) karyawan RSUP Persahabatan

Pesan dan kesan juga disampaikan oleh para pemenang pertama Run for Fun Ilyas dan Khansa “event seperti ini sangat baik untuk diadakan, warga banyak mendapatkan informasi dan menjadi lebih sadar akan kesehatan. ”   

Acara ditutup dengan hiburan yang dipersembahkan oleh dokter-dokter muda RSUP Persahabatan yang tergabung dalam Pulmocoustik Band.  (CH)