SIMULASI KEBAKARAN DAN EVAKUASI PASIEN RSUP PERSAHABATAN

 Home / Berita /SIMULASI KEBAKARAN DAN EVAKUASI PASIEN RSUP PERSAHABATAN
SIMULASI KEBAKARAN DAN EVAKUASI PASIEN RSUP PERSAHABATAN

SIMULASI KEBAKARAN DAN EVAKUASI PASIEN RSUP PERSAHABATAN

Jakarta. Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta menggelar simulasi penanganan kebakaran di RSUP Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur, pada hari Rabu tanggal 12 September 2018.

 

Simulasi kali ini dilakukan di gedung Prof. Rasmin Rasjid dan gedung Griya Puspa. Dengan melakukan langkah-langkah KTPE yaitu Kode Red, Telepon 123 (Pos Security), Padamkan api dan Evakuasi. Dimulai dari pemadaman hingga evakuasi korban kebakaran diperagakan dalam simulasi ini..

 

“Kebakaran di rumah sakit perlu penanganan khusus, karena didalamnya dihuni oleh orang sakit yang penuh keterbatasan fisik, sehingga diperlukan respond time yang optimal, ini dapat terwujud ketika seluruh civitas hospitalia mampu menunjukkan peran yang tepat dalam melaksanakan prosedur dan menguasai teknik pengendalian”. Ucap Ir. Mohamad Nasir, MSi selaku ketua pelaksana simulasi penanganan kejadian kebakaran di RSUP Persahabatan saat memberikan arahan kepada peserta simulasi.

 

Usai pelaksanaan simulasi dalam apel akhir paska kebakaran, Kepala Bidang Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Kantor Dinas DKI Jakarta, Bapak Rahmat Kristantio, ST, MM menyampaikan adanya unit-unit dengan resiko kebakaran tinggi di rumah sakit menjadi perhatian tersendiri bagi petugas pemadam kebakaran, dan diharapkan tersedianya akses khusus bagi mobil pemadam kebakaran yang tidak dipergunakan untuk kepentingan lain.

 

Penyerahan piagam dari Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta diberikan sebagai bentuk apresiasi atas terlaksananya simulasi penanganan kejadian kebakaran yang terselenggara berkat kerjasama Instalasi Keselamatan dan kesehatan kerja Rumah Sakit (K3RS) dan Tim Penanggulangan Bencana RSUP Persahabatan. (CH)