VAKSIN CEGAH PENYAKIT BERBAHAYA SAAT KELUAR NEGERI

 Home / Berita /VAKSIN CEGAH PENYAKIT BERBAHAYA SAAT KELUAR NEGERI
VAKSIN CEGAH PENYAKIT BERBAHAYA SAAT KELUAR NEGERI

VAKSIN CEGAH PENYAKIT BERBAHAYA SAAT KELUAR NEGERI

 

Jakarta. Apa sih Vaksinasi itu ? Vaksinasi adalah pemberian bahan antigenic (vaksin) untuk merangsang sistem kekebalan individu sehingga kekebalan adaptif terhadap pathogen dapat terbentuk. Ada banyak ancaman saat berlibur ke luar negeri karena beragam penyakit, tidak ingin kan membawa pulang oleh-oleh infeksi campak, gondok, hingga hepatitis A. Karena itu di wajibkan melakukan vaksinasi sebelum keluar negeri.

 

Untuk meminimalkan risiko terjangkitnya penyakit saat melakukan perjalanan ke luar negeri, RSUP Persahabatan mengadakan penyuluhan “Vaksinasi Mencegah Penyakit Berbahaya Bagi Yang Akan Menjalankan Perjalanan Keluar Negeri” dalam bentuk Sarasehan dengan Media yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 24 Juni 2019, bertempat di Auditorium dr. Soepandi Moekajin, Sp.P gedung Griya Puspa lantai 2.

 

Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama Unit Pelayanan Vaksin beserta Instalasi Humas dan Pemasaran RSUP Persahabatan. Sebanyak 21 awak media menghadiri acara ini dan disambut oleh segenap jajaran Direksi dan Manajemen Instalasi Rawat Jalan RSUP Persahabatan.

 

Dalam sambutannya Direktur Utama dr. Mohammad Ali Toha, MARS menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting karena sebagai pintu informasi rekan media dapat menyampaikan pada masyarakat agar tidak meremehkan penyakit yang mereka bawa ketika kembali dari luar negeri dan juga pengenalan tentang Unit Pelayanan Vaksin kepada khalayak.

 

Pada kesempatan ini Kepala Unit Pelayanan Vaksin dr.Irwin Tedja, Sp.PD menyampaikan bahwa RSUP Persahabatan sebagai rumah sakit pusat rujukan respirasi di Indonesia berupaya untuk mengembangkan suatu Unit Pelayanan Vaksinasi. Dimana vaksin yang disediakan terjamin mutu dan kualitasnya karena sistem rantai dingin (Cold Chain) yang baik. Pelayanan vaksinasi juga dilakukan oleh dokter yang telah memiliki sertifikat pelatihan Vaksinologi.

 

“Unit Pelayanan Vaksin ini terpisah dengan unit yang melayani orang sakit, sehingga resiko tertular penyakit saat berada di ruang tunggu sangat kecil. Tidak perlu antri lama karena proses vaksinasi berjalan sangat efektif dan efisien”  Ucap dr. Irwin.

 

Di akhir kegiatan diadakan sesi diskusi dan wawancara eksklusif rekan media dengan Jajaran Direksi. (SA/CH)